Desain Grafis

Isi Otak Seorang Desain Grafis

Ilmu tentang otak kanan dan otak kiri itu baru di publish ke masyarakat umum ketika tahun 60-an, itu menjadi hal yang penting bagi dunia psikologi manusia.

Mungkin sebagian dari anda tau, fungsi dari otak kanan dan otak kiri, namun bagaimana cara kerja otak kita kalau kita senang dengan desain grafis, yang membutuhkan imajinasi ketika kita membuat sebuah gambar, ada yang mudah untuk mengeluarkan ide karena imajinasinya baik, ada juga sebagian dari kita baru bisa mengeluarkan ide setelah melihat objek tertentu sehingga keluar lah inspirasi dan ide untuk mendasin sebuah gambar. oke deh,,, kita liat dulu yuk apa sih sebenarnya fungsi otak kiri dan otak kanan. tapi sekarang malah sudah ada ya otak tengah,..tapi kita gak bahas itu dlu deh,,,

Otak Kanan

Otak kanan punya fungsi untuk  EQ (Emotional Quotient), seperti hal

  • persamaan
  • khayalan ( yang suka berkhayal dan Bermimpi )
  • kreativitas ( Orang yang kreatif dan cekatan )
  • bentuk atau ruang ( bisa mengimajinasika bentuk dan ruang 3 dimensi )
  • emosi
  • musik
  • warna.

dan Faktanya Daya ingat otak kanan bersifat panjang  … Bener gak ? Kamu pasti sampai sekarang selalu ingat nama warna – warna, masih bisa berlari, masih bisa berjalan, masih bisa bernyanyi, masih bisa berkhayal..nah klo terjadi kerusakan otak kanan misalnya  stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi.  pemikir berotak kanan sangat intuitif dan ingin tahu tentang dunia. Kelemahannya, mereka cenderung tidak disiplin, kurang baik dalam manajemen waktu, dan tidak mampu memprioritaskan sesuatu dengan baik.

Otak Kiri

Otak kiri adalah sisi yang menangani organisasi dan logika. Mereka yang dominan menggunakan otak kiri memiliki sifat disiplin yang tinggi, mereka lebih suka hal-hal yang berbau jadwal dan tenggat waktu, cinta akan peraturan. Mereka juga seorang yang belajar berdasarkan analisis, dan lebih baik menggunakan kata-kata untuk mengingat hal ketimbang sarana bantu visual. Proses ide mereka berdasarkan langkah-demi-langkah, algoritma, dan karena itu mereka jadi terhindar terhadap kesalahan-kesalahan

klo ada pertanyaan, ” otak mana yang sering anda gunakan” Kiri atau kanan?… anda suka matematika atau menggambar..?? anda suka kebebasan atau peraturan.?? anda suka berpetualang atau belajar di rumah ?

Doug Hall mengatakan, dominasi kerja otak orang mempengaruhi kepribadian :

Si otak kanan : humoris, simple, menyenangkan, boros, lebih percaya intuisi, berantakan-kacau, ede = ekspresi diri, lebih memilih perasaan sebagai solusi masalah, suka bertualang, bermimpi besar, tukang sorak, “pelanggar aturan”, bebas, spontan.

Si otak kiri : serius, rumit, membosankan, hemat, lebih percayai fakta, rapi-terorganisir, ide = profitabilitas, lebih memilih keilmuan, hati-hati, berpengetahuan umum, pendukung diam, pembuat aturan, konservatif, mudah ditebak.

Nah jadi,,, seorang desainer biasanya dia gunakan otak kanan untuk mengeluarkan ide – ide dan imajinasinya ke dalam sebuah gambar,..

oke deh… kita mulai yuk belajar software untuk mendesain gambar. yang tadi untuk nambah wawasan kita aja,

sebenernya banyak si software atau aplikasi untuk mendisain, tapi kebanyakan orang menggunakan Coreldraw dan Photoshop karena lebih lengkap fitur dan efeknya.

One Response to “Desain Grafis”

  1. bb September 7, 2010 at 11:24 am #

    wahh keren

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: